December 8, 2022

Euro 2022 Ini Sejarah Inggris Kalahkan Jerman Berkat Gol Chloe Kelly

Sejarah Timnas Inggris kalahkan Jerman dengan skor 2-1 untuk menjadi juara Euro 2022 wanita berkat gol Chloe Kelly di babak tambahan dalam final di Stadion Wembley. Gol telat striker Manchester City itu memastikan tim sepak bola wanita Inggris membawa pulang sepak bola dalam kemenangan di Wembley.

Pemain pengganti Chloe Kelly mencetak gol penting pada menit ke-110 perpanjangan waktu bagi Lionesses Inggris untuk menulis ulang sejarah judi bola dan memenangkan Kejuaraan Wanita Eropa pertama mereka di Wembley. Itu adalah kesuksesan sepak bola besar pertama negara itu sejak Piala Dunia 1966.

Tidak mengherankan, lagu Tiga Singa dinyanyikan beberapa detik setelah peluit akhir. Jerman memenangkan gelar ini pada sembilan kesempatan tetapi para pemain berlutut ketika Kelly melepaskan tembakan pada upaya kedua setelah tendangan sudut Lauren Hemp.

Tepat ketika pertandingan akan menuju adu penalti, Kelly, yang bermain untuk Manchester City, memilih waktu yang tepat untuk mencetak gol pertamanya di turnamen tersebut. Sekali lagi, pelatih Inggris Sarina Wiegman mengubah permainan dengan pergantian pemain.

Ella Toone baru berada di lapangan selama enam menit sebelum mencetak gol yang luar biasa untuk membawa Inggris unggul. Tapi Lina Magull mengirim final ke perpanjangan waktu dengan menyamakan kedudukan dari jarak dekat pada menit ke-79.

Jerman mendapat pukulan sebelum pertandingan ketika pencetak gol terbanyak Alexandra Popp mengalami cedera saat pemanasan sehingga terpaksa mundur. Inggris memiliki peluang babak pertama terbaik dengan striker Ellen White menemukan dirinya dalam posisi yang baik tetapi dia melepaskan tembakan di atas mistar.

Pengganti babak pertama Tabea Wassmuth memiliki peluang bagus untuk Jerman tiga menit memasuki babak kedua tetapi meskipun bersih, tembakan langsung ke kiper Mary Earps. Gelandang Jerman Magull juga menyia-nyiakan peluang bagus dari jarak dekat dan dengan Inggris yang kekurangan ide, Wiegman membuat perubahan. Baik Toone dan Alessia Russo membuat Inggris memimpin. Keira Walsh pantas mendapatkan banyak pujian untuk umpan jarak jauh yang brilian di atas pertahanan Jerman. Toone menunjukkan kelas nyata dengan hanya membutuhkan satu sentuhan sebelum mengangkat bola melewati kiper Jerman Merle Frohms.

Magull melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang tetapi dengan 11 menit tersisa, dia menyamakan kedudukan di tiang dekat saat menerima umpan silang dari Wassmuth. Perpanjangan waktu, tidak ada pihak yang tampak seperti mereka akan melakukan cukup untuk menang sebelum Kelly yang masuk di menit ke-64 menjadi pahlawan Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version